Header Ads

Mencari Kesalahan ke Dalam Diri Sendiri


alt
Dahulu kala ada seekor naga putih. Dia terlalu suka bermain di laut. Oleh karena tubuhnya panjang dan susah bergerak di dalam air, maka dia selalu menjelma menjadi seekor ikan dan menyelam ke dalam air berenang bermain di dasar laut.
Pada suatu hari, ketika naga putih ini berubah menjadi seekor ikan, melompat ke sungai. Dia berenang dengan gembira di dalam air. Pada saat itu ada seorang nelayan yang melihat ikan ini lain dengan jenis ikan yang lain. Lalu nelayan tersebut mengambil busurnya memanah ikan tersebut. Tetapi meleset, hanya kena ke sebelah mata ikan (naga putih).
“Aduh! Sungguh sayang! Jika saya dapat memanah ikan ini, saya pasti dapat menjualnya dengan harga yang tinggi, karena ikan ini bukan jenis ikan yang biasa,” gumam si nelayan itu sambil mendayung sampannya pergi ke tempat lain mencari ikan.
Ketika sebelah mata Naga putih ini kena panah, dia sangat marah. Pada malam bulan purnama ia terbang naik ke surga mencari raja surga dan mengadu kepadanya.
“Raja surga, hari ini ketika saya menjelma menjadi seekor ikan berenang di sungai, tidak disangka saya dipanah oleh seorang nelayan yang kasar sehingga mata kiri saya tidak bisa melihat lagi untuk selamanya, saya akan menjadi cacat seumur hidup, saya harap raja surga dapat menghukum nelayan yang nakal ini!” kata Naga putih itu.
Setelah dengan sabar mendengar pengaduan naga, raja surga malahan menyalahkan naga putih dan berkata, “Menangkap dan memanah ikan memang seharusnya telah menjadi tugas dari seorang nelayan, mana mungkin saya menghukumnya, kenapa engkau harus menjelma menjadi ikan, ini kesalahan kamu sendiri, sehingga mendapat malapetaka ini, kenapa engkau masih menyalahkan orang lain?”
Mendengar perkataan raja surgawi itu, Naga putih terdiam dan menyadari memang harus mencari kesalahan ke dalam diri sendiri sebelum menyalahkan orang lain.
sumber

Tidak ada komentar

Jangan lupa komentarnya ya !!!

dhensuy. Diberdayakan oleh Blogger.